RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah :
SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
IX/ I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran
( ekskresi ) pada manusia.
2. Siswa dapat memahami proses
pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia.
3. Siswa dapat mendata penyakit dan
kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem ekskresi.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan
langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi
pada manusia ? dan apa yang di
Keluarkannya?
2) Bagaimana kerja sama kulit dengan ginjal ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami proses pernafasan dan transportasi manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ penyusun
sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada manusia.
F
Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi
manusia
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 2 kelainan yang terdapat pada organ
ekskresi?
2) Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
organ – organ penyusun sistem pengeluaran .
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ
penyusunan sistem ekskresi.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan
penyakit yang terdapat pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan.
2. Modul / charta organ – organ ekskresi
manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu . .
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta alat respirasi dan
fotosintesis tumbuhan
4. Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya
· Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Penugasan
· Pemberian
angket
|
· PG
· Uraian
· Proyek
· Angket
|
· Organ yang bentuknya mirip kacang dan
berwarna merah maron adalah ....
a.
Jantung
b. paru-paru
c. ginjal
d. hati
· Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang
dimiliki oleh tubuh manusia!
· Buatlah tulisan tentang salah satu contoh
penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
· Lembar penilaian antar teman untuk menilai
tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
· Angket
model skala Likert
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah :
SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
IX / I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusi a
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi manusia.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan
dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan tahap –
tahap reproduksi manusia.
3. Siswa dapat menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan manusia.
4. Siswa dapat mendata kelainan dan
penyakit pada organ sistem reproduksi.
v B. Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi
Pembelajaran
Sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem produksi manusia.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual.
2. Metode : Observasi, Diskusi dan Informasi.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
2) Mengapa ada orang yang mandul ?
3) Di manakah pertumbuhan dan perkembangan
manusia sebelum dilahirkan ?
4) Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami perkembangan generatif ( seksual )
Siswa telah memahami
organ – organ sistem reproduksi.
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian
dengan reproduksi manusia.
F
Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
F
Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa mengamati model / charta
organ – organ penyusun sistem reproduksi
dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem
reproduksi ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah
memahami organ – organ sistem reproduksi manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan
penyakit pada organ sistem reproduksi
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
Model / Charta organ – organ penyusun
sistem reproduksi manusia..
F. Sumber Pembelajaran
1.
Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA
yang relevan.
3 Model / charta organ reproduksi manusia
4. Guru dan siswa..
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
·
Menulis artikel tentang
cara penularan dan pencegahan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
· Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
§ Tes tertulis
§ Tes tertulis
§ Penugasan
Penugasan
|
§ PG
§ Uraian
§ Tugas rumah
§ Angket
|
§ Salah satu organ yang menyusun sistem
reproduksi pada laki-laki adalah ....
§ Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam
sistem reproduksi wanita!
§ Buatlah tulisan tentang penularan dan
pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!
§ Angket skala perbedaan semantik
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah :
SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
IX / I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi
organ-organ penyusun sistem koordinasi pada manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan mekanisme
kerja sistem koordinasi pada manusia..
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi
organ-organ penyusun alat indera pada manusia.
4.
Siswa dapat menjelaskan
sistem hormon pada manusia.
5. Sisw dapat mendata contoh
kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia..
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem koordinasi dan indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual.
2. Metode : Diskusi, Informasi, eksperimen / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajran langsung dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Tersusun dari apakah Neron ?
2) Terdiri dari apakah susunan sistem saraf
manusia ?
3) Bagaimana prosesnya kita dapat melihat susatu
benda ?
4) Sebutkan bagian-bagian telinga manusia ?
5) Mengapa kita dapat merasakan bau masakan dan
pafum ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami sistem gerak manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem koordinasi
pada manusia.
F
Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem koordinasi pada
manusia..
F
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun alat indera pada
manusia.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa dengan bimbingan guru
melakukan diskusi tentang organ dan fungsi sistem koordinasi pada manusia.
F Siswa menempatkan diri pada kelompok masing – masing dan menyiapkan alat
percobaan.
F Siswa dengan petunjuk guru
melakukan percobaan tentang indera mata, telinga, hidung dilanjutkan diskusi
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Mengapa kelenjar hipofisis disebut master of
gland ?
2) Kelenjar apakah yang terletak pada rongga
perut ?
3) Bagaimana akibatnya jika tukang punggung
seseorang patah akibat suatu kecelakaan
?
4) Mengapa terjadi penyakit gula ?
5) Berakibat apakah bila di otak terjadi
pendarahan ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami sistem syaraf dan indera manusia.
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F
Sisw dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi
pada manusia.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Dengan bantuan charta dan
bimbingan guru, siswa melakukan diskusi tentang sistem hormon pada manusia.
F Siswa
dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada
sistem koordinasi manusia.
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan.
2. Model / Charta sistem syaraf, indera dan
hormon manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA yang relevan.
3 Model / charta sistem syaraf indera dan
hormon
4. Guru dan siswa..
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Membandingkan
bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
· Mendeskripsikan
fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem
koordinasi
· Menunjukkan
bagian-bagian alat indra dan fungsinya
· Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada alat indera
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
PG
Uraian
Uji petik kerja
Tugas rumah
|
·
Perhatikan gambar sistem saraf
berikut ini.
Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor ....
a.
1 dan 2
b.
2 dan 3
c.
3 dan 4
d.
4 dan 1
·
Deskripsikan fungsi otak besar!
·
Dengan menggunakan model mata,
tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
·
·
Buatlah kliping tentang
penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : SMPN 1 Sendang
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : IX / 1
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan
perkembangbiakan.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap
lingkungannya.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.
Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi
alam.
4.
Siswa dapat menganalisis manfaat
berkembang biak bagi makhluk hidup.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
1.
Adaptasi Makhluk Hidup
2.
Seleksi Alam
3.
Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
Ada berapa
macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa telah
memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap
lingkungannya.
F Siswa dapat mengidentifikasi
macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa
diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
F Siswa diminta mengamati adaptasi
morfologi pada hewan
F Siswa
diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F
Siswa dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi
pada manusia.
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa melakukan percobaan proses
kepunahan organisme
F Siswa diminta diskusi tentang
perkembangbiakan makhluk hidup
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mengaitkan
perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
·
Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·
Mendeskripsikan hubungan
interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
· Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
·
Mendiskripsikan cara
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Penugasan
|
· PG
· Isian
· Uraian
· Isian
· Tugas
rumah
|
· Untuk
menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan
.....
a. hibernasi
b.reproduksi
c. adaptasi
d.toleransi
· Badak
bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....
· Hubungan
interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan seleksi alam? Berikan contohnya!
· Untuk
melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....
· Buatlah
tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.2 :
Mendeskripsikan pewarisan
sifat pada makhluk hidup.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi
vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
3.
Siswa dapat membandingkan cara
reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
4.
Siswa dapat menjelaskan konsep
kromosom dan pembelahan sel.
5.
Siswa dapat menjelaskan cara
reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan
6.
Siswa dapat membandingkan cara
reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
1. Reproduksi Vegetatip
2. Reproduksi Generatip
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
Apakah perbedaan antara vegetatip dan generatip ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat memahami cirri-ciri makhluk hidup
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk menentukan
cara reproduksi organisme
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Vegetatip pada
tumbuhan.
2). Vegetatip pada hewan
3). Generatip pada
tumbuhan
4). Generatip pada hewan.
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1. Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mendiskripsikan
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
· Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
|
· Isian
· Uraian
|
· Materi
genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ....
· Kemukakan
perbedaan pengertian resesif. Dominan dan intermediat!
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.3 :
Mendeskripsikan proses
pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang
diturunkan pada keturunannya.
2. Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan
satu sifat beda atau lebih.
3. Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat.
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami sifat morfologi organisme.
2.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan
dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk membuktikan
hokum segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
F Siswa diminta diskusi tentang
1) Test Cross
2) Persilangan hybrid
3). Penerapan Ilmu Genetika
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·
menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan
dihibrida melalui bagan
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
|
· Isian
· Uraian
|
· Bila
induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
· Organisme
yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah
bagan persilangannya hingga F2!
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMPN 1 Sendang
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami
kelangsungan makhluk hidup makhluk
hidup.
Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
2. Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3. Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses
bioteknologi pangan
4. Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
Apakah bioteknologi pangan itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
2.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F Melengkapi
kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Siswa diminta diskusi tentang
1). Bioteknologi pertanian
2). Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan
makanan.
3). Bioteknologi pertanian.
F Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Charta Tahapan Kultur
F. Sumber
Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·
Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi
pangan
·
Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di
lingkungan sekitarnya
·
Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara
hidroponik dan aeroponik)
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Penugasan
· Penugasan
|
·
Uraian
·
Uraian
·
Tugas proyek
·
Tugas rumah
|
·
Definisikan pengertian
bioteknologi!
·
Kemukakan minimal dua
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·
Lakukanlah survey dilingkungan
sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan
laporkan hasilnya
·
Rencanakan dan lakukan
pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMPN 1 Sendang
Kelas / Semester :
IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran : IPA
(Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 6 X 40’ ( 3x Pertemuan )
Standar Kompetensi
3. Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·
Membedakan muatan listrik positif dan
muatan listrik negatif.
·
Membedakan listrik statis dan listrik
dinamis.
·
Membedakan model atom Dalton, Thomson, dan
Rutherford.
·
Membedakan proton, elektron, dan neutron.
·
Menjelaskan muatan sebuah benda.
·
Membedakan konduktor dan isolator.
·
Menyebutkan contoh konduktor dan isolator.
·
Menjelaskan beberapa cara untuk memberi
muatan.
·
Menjelaskan pengertian gaya elektrostatis.
·
Menyelidiki gaya elektrostatis.
·
Menentukan gaya elektrostatis suatu muatan.
·
Menjelaskan pengertian medan listrik.
·
Menjelaskan cara menggambar garis-garis
medan listrik.
·
Menjelaskan medan listrik di sekitar muatan
positif, muatan negatif, dan pasangan
muatan.
·
Menjelaskan prinsip kerja elektroskop.
·
Mengetahui jenis muatan dengan elektroskop.
·
Membuat muatan induksi dengan elektroskop.
·
Menjelaskan gejala dan penerapan listrik
statis.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Listrik Statis
C.
Metode Pembelajaran1
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa jika mistar plastik digosok dengan
kain wol akan bermuatan negatif?
- Mengapa muatan induksi selalu berlawanan
dengan muatan benda penginduksi?
-
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan muatan negatif?
- Apakah yang dimaksud dengan induksi?
b. Kegiatan Inti (45
Menit)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik dapat Membedakan muatan listrik positif dan muatan
listrik negatif.
F
peserta didik dapat Membedakan listrik statis dan listrik dinamis.
F
peserta didik dapat Membedakan model atom Dalton, Thomson, dan
Rutherford.
F
peserta didik dapat Membedakan proton, elektron, dan neutron.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dengan bimbingan guru
melakukan diskusi tentang organ dan fungsi sistem koordinasi pada manusia.
F Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan muatan listrik.
F Perwakilan peserta didik diminta
untuk menjelaskan perbedaan muatan positif dan muatan negatif.
F Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menjelaskan perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.
F Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai perbedaan model atom Dalton, Thomson, dan Rutherford.
F Peserta didik memperhatikan
perbedaan proton, elektron, dan neutron yang disampaikan oleh guru.
F Perwakilan peserta didik diminta
untuk menjelaskan muatan sebuah benda.
F Peserta didik dalam setiap
kelompok mendiskusikan perbedaan konduktor dan isolator.
F Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan contoh konduktor dan isolator.
F Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai beberapa cara untuk memberi muatan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup (
20 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan (
15 menit )
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah jenis gaya yang
dihasilkan oleh dua benda yang bermuatan berbeda?
-
Bagaimana menggambar garis-garis medan listrik di sekitar pasangan muatan?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gaya
elektrostatis?
- Apakah yang dimaksud dengan medan
listrik?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b. Kegiatan Inti (
45 menit )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Menjelaskan beberapa cara untuk memberi muatan.
F
Menjelaskan pengertian gaya elektrostatis.
F
Menyelidiki gaya elektrostatis.
F
Menentukan gaya elektrostatis suatu muatan.
F
Menjelaskan pengertian medan listrik.
F
Menjelaskan cara menggambar garis-garis medan listrik.
F
Menjelaskan medan listrik di sekitar muatan positif, muatan negatif, dan pasangan muatan.
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan.
F Peserta didik memperhatikan
contoh soal menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan yang disampaikan
oleh guru.
F Guru memberikan beberapa soal
menentukan gaya elektrostatis dari dua buah muatan untuk dikerjakan oleh
peserta didik.
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup (
20 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KETIGA
a.
Kegiatan Pendahuluan (
15 menit )
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana cara mengetahui apakah suatu benda bermuatan atau tidak?
-
Mengapa pada gedung yang tinggi dilengkapi dengan penangkal petir?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan elektroskop?
- Bagaimana proses terjadinya petir?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti (
45 menit )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
Menjelaskan pengertian medan listrik.
F
Menjelaskan cara menggambar garis-garis medan listrik.
F
Menjelaskan medan listrik di sekitar muatan positif, muatan negatif,
dan pasangan muatan.
F
Menjelaskan prinsip kerja elektroskop.
F
Mengetahui jenis muatan dengan elektroskop.
F
Membuat muatan induksi dengan elektroskop.
F
Menjelaskan gejala dan penerapan listrik statis
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan
pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan prinsip kerja elektroskop.
F Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk mengambil sebuah elektroskop, sebuah sisir plastik, potongan
karet ban, secarik kain wol, pembakar bunsen, mistar plastik, potongan kaca, dan secarik kain sutra.
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup (
20 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Menjelaskan benda dapat
bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
·
Memberi contoh peristiwa yang
menghasilkan benda yang bermuatan listrik
· Melakukan percobaan sederhana
untuk menunjukkan sifat muatan listrik
·
Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan
besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik
|
· Tes
tertulis
· Tes
tertulis
· Tes
unjuk kerja
· Tes
tertulis
|
· Uraian
· Isian
· Uji
petik kerja prosedur
· Uraian
|
· Jelaskan
proses benda tertentu dapat bermuatan bila digosok!
· Berilah
contoh peristiwa yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan
listrik!
· Lakukan
percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat
seperti plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.
· Tentukan
besar gaya tolak atau gaya tarik, bila muatan listrik benda A dan B serta
jarak antara keduanya diketahui!
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Sendang
(Drs. IMAM MACHMUD,MBA)
NIP :19560215 198002 1 002
|
|
Sendang, 9 Juli
2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(IMAM
SUBAKRI, S.Pd)
NIP:19690103 200701 1 024
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar