RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP Negeri 1 Sendang
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi :
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar :
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamik dalam
suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran ( 6 x
40’ )
A. Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan
ke-1
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Melakukan penyelidikan hubungan antara kuat arus listrik dan beda potensial
secara jujur
dan mandiri
2.
Menjelaskan hukum Ohm
3.
Menuliskan persamaan hukum Ohm
4.
Menyebutkan satuan hambatan
5.
Menerapkan hukum Ohm dalam suatu perhitungan
Pertemuan
ke-2
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Melakukan penyelidikan hubungan antara panjang penghantar, luas penampang,
hambat jenis penghantar dan hambatannya secara jujur dan mandiri
2.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan penghantar
3.
Mengihitung hambatan kawat penghantar
Pertemuan
ke-3
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda-benda yang termasuk konduktor,
semikonduktor dan isolator secara jujur dan mandiri
2.
Membedakan konduktor, isolator dan semikonduktor
3.
Menyebutkan benda-benda yang termasuk konduktor
4.
Menyebutkan benda-benda yang termasuk isolator
5.
Menyebutkan benda-benda yang termasuk semikonduktor
Pertemuan
ke-4
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan besar arus yang masuk titik cabang dengan arus yang keluar titik cabang
secara jujur
dan mandiri
2.
Menjelaskan hukum Kirchoff I
3.
Menuliskan hubungan antara jumlah arus listrik yang masuk titik percabangan
dengan jumlah arus yang keluar titik percabangan.
4.
Menhitung besarnya arus listrik yang keluar dari titik percabangan
Pertemuan
ke-5
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Melakukan penyelidikan untuk menemukan hubungan antara hambatan pengganti dari suatu rangkaian dengan beberapa hambatan yang dirangkai seri maupun
paralel secara
jujur dan mandiri
2.
Menuliskan hubungan antara besarnya hambatan pengganti dengan hambatan yang
dirangkai seri
3.
Menuliskan hubungan antara besarnya hambatan pengganti dengan hambatan yang
dirangkai paralel
Pertemuan
ke-6
Setelah pembelajaran siswa dapat:
1.
Menghitung besarnya hambatan pengganti yang dirangkai seri
2.
Menghitung besarnya hambatan pengganti yang dirangkai paralel
3.
Menghitung besarnya hambatan pengganti yang dirangkai secara campuran
4.
Menghitung besar arus listrik pada rangkaian hambatan campuran
B. Materi Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Hukum Ohm
Bila sebuah sumber tegangan (E) dihubungan dengan sebuah
beban yang mempunyai hambatan sebesar (R) maka pada beban tersebut mengalir
arus listrik sebesar ( I ) dan mempunyai beda potensial sebesar ( V ) seperti
gambar di bawah.
Besarnya beda potensial (V) pada lampu sebanding dengan kuat arus listrik ( I ) yang melewati
lampu tersebut. Pernyataan tersebut di kenal dengan hukum Ohm.
Bila ditulis hubungan antara V, I dan R adalah :
V = I x R
Keterangan:
V = beda potensial satuan dalam SI volt (V)
I = kuat arus satuan dalam SI ampere (A)
R = hambatan satuan dalam SI ohm (Ω)
Contoh Soal:
1.
Pada penghanatar 40 ohm mengalir arus listrik sebesar 0,25 A.
Tentukan besarnya tegangan pada pengahantar tersebut !
Diket:
R = 40 ohm
I = 0,25 A
Ditanya: V = ..... ?
Jawaban:
V = I x R = 0,25 A x 40 ohm = 10 volt
2. Perhatikan rangkaian listrik di bawah ini !
Hambatan sebesar 100 ohm dihubungan dengan sumber
tegangan. Jika beda potensial pada hambatan 10 V, berapakah banyaknya muatan
listrik yang mengalir selama 1 menit ?
Diket:
R = 100 ohm
V = 10 V
t = 1 menit = 60 sekon
Ditanya: Q = ......... ?
Jawaban:
Jawaban:
I =
Q/t
V/R = Q/t 10
V/100 ohm = Q/60 s
I = V/R 10
V x 60 s = 100 ohm x Q
600 Vs
= 100 x Q ohm
Q =
600 Vs/100 ohm
Q = 6
Vs/ohm
Q = 6 A. S
= 6 coulomb (C)
Pertemuan
ke-2
Hambatan Kawat Penghantar
Besarnya hambatan pada kawat penghantar:
-
Sebanding dengan
panjang kawat (L) dan hambat jenis kawat penghantar (r).
-
Berbanding terbalik dengan luas
penampang kawat (A).
Jika hambatan penghantar R, panjang penghantar L,
hambat jenis penghantar r dan
luas penampang penghantar A, maka dapat ditulis hubungan :
|
||||
|
||||
Hambatan Jenis Berbagai
Bahan
Jenis bahan
|
Hambatan
jenis (Ω .m)
|
Jenis bahan
|
Hambatan
jenis ( Ω .m)
|
Perak
|
5,9
x 10-8
|
Wolfram
|
5,5 x 10-5
|
Tembaga
|
1,68
x
10-8
|
Germanium
|
4,5 x 10-1
|
Aluminium
|
2,65
x
10-8
|
Silikon
|
2,0 x 10-1
|
Platina
|
10,6
x
10-8
|
Kayu
|
10 – 1011
|
Baja
|
4,0
x 10-7
|
Karet
|
1,0 x 1013
|
Mangan
|
4,4 x
10-7
|
Kaca
|
1012 – 1013
|
Nikrom
|
1,2
x 10-6
|
Mika
|
2,0 x 1015
|
Karbon
|
3,5
x 10-5
|
Kuarsa
|
1,0 x 1018
|
Contoh
Soal:
Sebuah kawat tembaga panjangnya 10 m dan penampangnya 2 mm2. Jika hambat jenis kawat
tembaga 1,68 x 10-8 ohm m, berapakah besarrnya hambatan ?
Diket:
L = 10 m
A = 2 mm2 = 2 x 10-6 m2
r = 1,68 x 10-8 ohm m
Ditanya: R = .... ?
Jawaban:
=
= 8,4 x 10-8 x 106 Ω
= 8,4 x 10-2 Ω = 0,084 Ω
Pertemuan ke-3
Konduktor, Isolator dan Semikonduktor
Setiap jenis benda mempunyai daya hantar listrik yang berbeda-beda.
Bahan-bahan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik di sebut
konduktor .
Contoh: semua jenis logam
Bahan-bahan yang tidak baik menghantarkan arus listrik di sebut isolator .
Contoh: karet, kaca, plastik, kain, keramik, mika, kayu kering, udara, kertas.
Benda-benda yang pada suhu tinggi bersifat konduktor tetapi pada suhu
rendah bersifat isolator di sebut semi konduktor.
Contoh: Aluminium arsenide, Aluminium gallium
arsenide, Boron
nitride, Cadmium
sulfide, Cadmium
selenide, Berlian, Gallium arsenide, Gallium nitride, Germanium, Indium phosphide, Silicon, Silicon carbide, Silicon germanium, Silicon on insulator, Zinc sulfide, Zinc selenide.
Pertemuan ke-4
Arus Listrik pada Rangkaian tak Bercabang dan Bercabang
Arus Listrik pada Rangkaian tak
Bercabang
Bersarnya kuat arus listrik di setiap titik pada
rangkaian tak bercabang besarnya sama.
IA = IB = IC
Arus Listrik pada Rangkaian
Bercabang
Hukum I Kirchoff :
Jumlah arus listrik yang menuju titik percabangan sama dengan jumlah arus
yang meninggalkan titik percabangan tersebut.
IA = IB + IC + ID = IE
Contoh Soal:
1. Perhatikan gambar berikut !
Bagaimanakah persamaan yang sesuai dengan hukum I Kirchoff ?
Jawaban: I1 = Ia + Ib =
Ic + Id = I2
2. Perhatikan arus listrik yang masuk dan keluar pada titik cabang di
bawah ini !
I1 = 7 mA I2 = 5 mA I3
= 18 mA
Berapakah besarnya I4?
Jawaban:
I1 + I2 + I4 = I3
7 + 5 + I4 =
18
I4 = 18 – 12 = 6 mA
Pertemuan ke-5
Rangkaian Hambatan
Rangkaian Seri
Dua buah hambatan R1 dan R2 dirangkai seri dan
dihubungkan dengan sumber tegangan E seperti gambar di bawah.
Menurut hukum Ohm , maka berlaku:
V1 = I1 x R1 , V2 = I2 x R2
V = V1 + V2
V = (I1 x R1) + (I2 x R2 )
Menurut hukum I Kirchoff : I1
= I2 = I
I x R = (I x R1) + (I x R2)
I x R = I ( R1 + R2)
|
Keterangan:
Rs = hambatan pengganti = hambatan total
Rangkaian Paralel
Dua buah hambatan R1 dan R2 dirangkai paralel dan
dihubungkan dengan sumber tegangan E seperti gambar di bawah.
Menurut hukum Ohm , maka berlaku:
,
Menurut hukum I Kirchoff :
I = I1 + I2
= + è karena V1 = V2
= V maka:
|
= + è = V(+ ) è
Keterangan: Rp = hambatan pengganti = hambatan total
Pertemuan ke-5
Contoh Soal:
1. Perhatikan gambar di bawah !
Hambatan pengganti rangkaian hambatan di samping adalah ....
Diket:
R1 = 4 ohm
R2 = 10 ohm
R3 = 15 ohm
R4 = 5 ohm
Ditanya: R pengganti = .... ?
Jawaban:
R2 dan R3 paralel
1/Rp = 1/R2 + 1/R3
1/Rp = 1/10 + 1/15
1/Rp = (3+2)/30
Rp = 30/5 = 6 ohm
Rpengganti = 4 ohm + 6 ohm + 5 ohm = 15 ohm
Hukum ohm pada Rangkaian Tertutup
Secara umum, sebuah
rangkaian listrik selalu berlaku hukum Ohm dan hukum I Kirchhoff. Misal,
sebuah rangkaian listrik sederhana yang terdiri atas
sebuah hambatan luar, R, sumber tegangan, E, dan hambatan dalam r,
lihat pada gambar di bawah.
Apabila
hambatannya lebih dari satu, maka R ini merupakan hambatan pengganti
dari beberapa
hambatan
tersebut. Kuat arus yang mengalir dalam rangkaian adalah sebagai berikut:
Contoh Soal:
Perhatikan gambar di bawah !
Berapa besar arus yang mengalir dari sumber tegangan ?
Diket:
R1 = 4 ohm; R2 = 3 ohm; R3 = 6 ohm
V = 6 V
Ditanya : I = ... ?
Jawaban:
R2 dan R3 paralel:
1/Rp = 1/R2 + 1/R3
1/Rp = 1/3 + 1/6
1/Rp = (2+1)/6
Rp = 6/3 = 2 ohm
Rpengganti = 4 ohm + 2 ohm = 6 ohm
I = V/Rpengganti = 6 V/ 6 ohm = 1 A
C. Model dan Metode
Pembelajaran :
Pertemuan 1 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Eksperimen
Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
Pertemuan 2 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Eksperimen
Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
Pertemuan 3 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Eksperimen
Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
Pertemuan 4 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Eksperimen
Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
Pertemuan 5 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Eksperimen
Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
Pertemuan 6 :
Model : Kooperatif learning
Metode : Diskusi
Informasi
Tanya Jawab
Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
ke-1
a.
Pendahuluan (10 menit)
§ Prasyarat
Pengetahuan :
-
Alat apakah yang digunakan untuk mengukur kuat arus
listrik dan beda
potensial listrik ?
-
Bagaimana
cara memasang alat pengukur kuat arus listrik dalam rangkaian ?
-
Bagaimana
cara membaca skala hasil pengukuran kuat arus listrik ?
§ Motivasi :
-
Mengapa
lampu listrik di rumah
kadang-kadang redup ?
-
Bagaimana nyala lampu jika tegangan listrik/beda potensial diperbesar ?
dan bagaimana besar arus listriknya
-
Guru menuliskan topik pelajaran di papan tulis “Hubungan beda potensial listrik dan kuat arus listrik”
-
Guru menuliskan tujuan pembelajaran
§ Pra Eksperimen :
-
Hati-hati
dan perhatikan batas ukur alat.
-
Perhatikan
polaritas alat ukur jangan sampai terbalik.
|
b. Kegiatan
Inti (45
menit)
§ Dengan bimbingan dan
arahan guru peserta didik dibentuk kelompok dan masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang.
§ Setiap
kelompok melakukan kegiatan penyelidikan tentang “Hubungan beda potensial listrik dan kuat arus
listrik” secara jujur dan mandiri.
§ Guru
membimbing pelaksanaan kegiatan penyelidikan dan memastikan tiap kelompok
sudah selesai mengerjakan kegiatan penyelidikan.
§ Setiap
kelompok membuat kesimpulan
sementara
§ Salah satu
kelompok mengkomunikasikan.hasil kegiatannya dengan penuh percaya diri
dan kelompok yang lain menanggapi secara kritis
§ Guru menyampaikan jawaban kegiatan yang benar
|
c.
Penutup (25 menit)
§ Guru bersama peserta
didik membuat
rangkuman dilanjutkan dengan pelatihan soal-soal
§ Guru memberi tugas berupa soal-soal
kepada peserta didik untuk dikerjakan dirumah..
|
Pertemuan
ke-2
a. Pendahuluan (10 menit)
§ Prasyarat Pengetahuan :
-
Apakah satuan hambatan listrik ?
-
Bagaimana
cara merangkai voltmeter dalam rangkaian listrik ?
-
Bagaimana
cara merangkai amperemeter dalam
rangkaian listrik ?
§ Motivasi :
-
Apa yang terjadi dengan yala bola lampu jika kawat penghantarnya diperpanjang ?
-
Mengapa Demikian ?
-
Guru menuliskan topik pembelajaran “ Hambatan
pada Kawat Penghantar”
-
Guru menuliskan tujuan pembelajaran di papan
tulis
§ Pra Eksperimen
-
Hati-hati
dan perhatikan batas ukur alat.
-
Perhatikan
polaritas alat ukur jangan sampai terbalik.
-
Jika
belum/tidak paham cara menggunakan alat minta petunjuk kepada guru.
|
b.
Kegiatan
Inti (40
menit)
-
Peserta didik dibentuk kelompok atas bimbingan dan
petunjuk guru dan
setiap kelompok terdiri dari 4 -5 orang.
-
Setiap kelompok melakukan penyelidikan “Hambatan
pada Kawat Penghantar” secara jujur dan mandiri.
-
Guru membimbing kegiatan penyelidikan dan
memastikan setiap kelompok menyelesaikan tugasnya.
-
Salah satu kelompok mengkomunikasikan hasil penyelidikan dengan percaya diri dan kelompok lain
menanggapi dengan kritis .
-
Guru menampilkan jawaban LKS yang benar dan memberikan
penguatan
|
c.
Penutup ( 30 menit)
§ Guru bersama peserta
didik membuat rangkuman
dilanjutkan dengan pelatihan soal-soal
§ Guru memberi tugas berupa soal-soal
kepada peserta didik untuk dikerjakan dirumah..
\
|
Pertemuan
3 :
a. Pendahuluan ( 10 menit )
§ Prasyarat Pengetahuan :
-
Benda yang hambatannya bagaimana dapat menghantarkan listrik dengan baik
?
-
Benda yang hambatannya bagaimana yang tidak dapat menghantarkan listrik
dengan baik ?
§ Motivasi : Manakah yang baik menghantarkan listrik antara plastik
dan kawat tembaga ?
§ Guru
menulis topik pembelajaran dipapan tulis “Konduktor, Isolator dan
Semikonduktor)
§ Guru
menulis tujuan pembelajaran
|
b.
Kegiatan
Inti (
40 menit )
§ Dengan bimbingan dan
arahan guru peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan heterogen untuk menghargai keberagaman.
§ Setiap
kelompok diminta melakukan penyelidikan tentang “Konduktor, Isolator dan
Semikonduktor”
§ Guru membimbing setiap kelompok dan memastikan setiap
kelompok sudah menyelesaikan tugasnya.
§ Salah satu
kelompok mempresentasikan hasil penyelidikan dengan penuh percaya diri dan kelompok lain menanggapi secara kritis.
§ Guru menampilkan jawaban LKS yang
benar dan memberikan penguatan
|
c.
Penutup (30 menit)
§ Guru bersama peserta
didik membuat
rangkuman.
§ Guru memberikan tes
ketuntasan belajar dan daya serap kepada peserta didik.
§
Guru
memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk membaca materi “Arus Listrik pada Rangkaian tak Bercabang dan Bercabang”
|
Pertemuan
4 :
a. Pendahuluan ( 10 menit )
§ Prasyarat Pengetahuan :
-
Apakah satuan kuat arus listrik dalam SI ?
-
Bagaimanakah memasang amperemeter dalam rangkaian ?
§ Motivasi :
-
Bagaimanakah
nyala lampu pada rangkaian tak
bercabang dibanding dengan nyala lampu pada
penghantar yang bercabang ? Mengapa
demikian ?
§ Guru menulis topik
pembelajaran “ Arus Listrik pada
Rangkaian Tak Bercabang dan Bercabang”
§ Guru menuliskan tujuan
pembelajaran
§ Pra Eksperimen
-
Hati-Hati
menggunakan Amperemeter, perhatikan batas ukur dan polaritasnya.
-
Jika
belum paham cara-cara menggunakan amperemeter mintalah petunjuk kepada guru.
|
b.
Kegiatan
Inti (40
menit)
§ Dengan bimbingan guru peserta didik dibagi
menjadi kelompok-kelompok belajar dari peserta didik yang kemampuan dan jenis
kelamin yang beragam untuk menghargai
keberagaman.
§ Guru meminta setiap
kelompok melakukan penyelidikan tentang “Arus
Listrik pada Rangkaian Tak Bercabang dan Bercabang” secara jujur
dan mandiri.
§ Guru membimbing setiap
kelompok dalam melakukan penyelidikan dan memastikan semua kelompok sudah
selesai mengerjakan tugasnya.
§ Salah satu kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan dengan penuh percaya diri dan kelompok lain menanggapi secara kritis.
§ Guru menampilkan jawaban LKS yang benar dan memberikan penguatan.
|
c.
Penutup (30 menit)
§ Guru bersama peserta didik membuat rangkuman.
§ Guru memberikan pelatihan
lanjutan berupa soal-soal
§ Guru memberi tugas rumah
berbentuk soal-soal uraian.
|
Pertemuan
5 :
a. Pendahuluan ( 10 menit
)
§ Prasyarat Pengetahuan :
-
Apakah nama satuan hambatan dalam SI ?
-
Bagaimanakah
cara memasang amperemeter dan
voltmeter dalam rangkaian ?
§
Motivasi : Jika kita merangkai 3 lampu secara seri kita nyalakan dengan satu baterai
terang manakah jika lampu kita rangkai paralel ? mengapa demikian ?
§ Guru menulis topik
pembelajaran “ Rangkaian Hambatan”
§ Guru menuliskan tujuan pembelajaran
§ Pra Eksperimen
-
Hati-hati
dengan alat ukur listrik perhatikan batas ukurnya.
-
Perhatikan
polaritas alat, jangan sampai terbalik.
-
Jika
belum paham cara menggunakan alat-alat ukur listrik mintalah petunjuk kepada
guru.
|
b.
Kegiatan
Inti ( 40 menit)
§ Dengan bimbingan guru peserta didik dibagi
menjadi kelompok-kelompok belajar dari peserta didik yang kemampuan dan jenis
kelamin yang beragam untuk menghargai
keberagaman.
§ Guru meminta setiap
kelompok melakukan penyelidikan tentang “Rangkaian
Hambatan” secara jujur dan mandiri.
§ Guru membimbing setiap
kelompok dalam melakukan penyelidikan dan memastikan semua kelompok sudah
selesai mengerjakan tugasnya.
§ Salah satu kelompok
mempresentasikan hasil kegiatan dengan penuh percaya diri dan kelompok lain menanggapi
secara kritis.
§ Guru menampilkan jawaban LKS yang benar dan memberikan penguatan.
|
c.
Penutup (30 menit)
§ Guru bersama peserta didik membuat rangkuman.
§ Guru memberi tugas rumah
berbentuk soal-soal uraian.
|
Pertemuan
6 :
a. Pendahuluan (10 menit)
§ Prasyarat Pengetahuan :
-
Bagaimanakah persamaan untuk menghitung hambatan pengganti rangkaian seri
atau paralel ?
§ Motivasi :
Jika kita menghitung bilangan
pecahan apa yang dilakukan jika penyebutnya belum sama ?
§ Guru menulis topik
pembelajaran “ Latihan Soal Rangkaian Hambatan”
§ Guru menuliskan tujuan
pembelajaran
|
b.
Kegiatan Inti (50 menit)
-
Peserta
didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan bimbingan dan arahan guru yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-5
orang dan anggota kelompok heterogen untuk menghargai keberagaman.
-
Guru memberi soal-soal latihan pada setiap kelompok
-
Guru membimbing setiap kelompok dan memastikan setiap kelompok sudah
selesai mengerjakan tugasnya.
-
Guru meminta dua anggota kelompok berkunjung ke
kelompok lain dan memberikan saran kepada kelompok yang dikunjungi.
-
Guru meminta dua anggota kelompok tamu berpindah ke kelompok lain dan
memberikan saran kepada kelompok yang dikunjungi.
-
Guru meminta anggota kelompok yang berkunjung untuk kembali ke
kelompoknya dan membenarkan jawaban LKS berdasarkan saran dari anggota
kelompok tamu.
-
Guru melanjutkan materi pembelajaran dengan dengan topik “ Hukum Ohm
dalam Rangkaian Tertutup”
-
Guru menyampaikan informasi tentang “ Hukum Ohm dalam Rangkaian Tertutup”
-
Guru memberikan contoh soal
-
Guru melakukan pengecekan konsep yang baru saja dipelajari pada beberapa
siswa.
-
Guru memberikan pelatihan lanjutan.
|
c.
Penutup (20
menit)
-
Guru bersama-sama siswa melakukan refleksi dalam bentuk penilaian diri
-
Guru memberi tugas rumah dalam bentuk soal-soal latihan.
|
E. Sumber Belajar.
1. Alat Dan Bahan
Pertemuan ke-1
1.
Laptop
2.
LCD Proyektor
3.
Kabel penghubung
4.
Basicmeter/Avometer
5.
Lampu
6.
Baterai
7.
Shunt
8.
Multiplier
Pertemuan
ke-2
1.
Kabel penghubung
2.
Basicmeter/Avometer
3.
Kawat penghantar berbagai jenis dan ukuran
4.
Shunt
5.
Multiplier
6.
Laptop
7.
LCD Proyektor
Pertemuan
ke-3
1.
Kabel penghubung
2.
Lampu
3.
Berbagai macam bahan (plastik, karet, tembaga, aluminium, besi, kertas,
kaca)
4.
Laptop
5.
LCD Proyektor
Pertemuan ke-4
1.
Kabel penghubung
2.
Basicmeter/Avometer
3.
Lampu
4.
Baterai
5.
Shunt
6.
Multiplier
7.
Laptop
8.
LCD Proyektor
Pertemuan ke-5
1.
Avometer
2.
Resistor keramik 100 ohm, 300 ohm
3.
Laptop
4.
LCD Proyektor
Pertemuan ke-6
1.
Laptop
2.
LCD Proyektor
2. Buku Sumber
-
Sudibyo, Elok , dkk. 2008. “Mari
Belajar IPA 3 Untuk
SMP/MTs Kelas IX”. hal 163-200. Jakarta: Depdiknas.
-
Wasis., Yuli Irianto, Sugeng. 2009. “Ilmu
pengetahuan Alam Jilid 3 Untuk SMP/MTs Kelas IX”. hal. 105 – 112. Jakarta:
Depdiknas.
-
Riyadi, Slamet. 2010. “Lembar Kerja Siswa”. hal. 32 – 52. Blitar: MGMP IPA
F. Penilaian
1.
Teknik : Tertulis, Observasi,
Penilaian Diri
2.
Bentuk : PG , Lembar Observasi
Penyelidikan (LOP), Lembar Observasi Diskusi Diskusi (LO-Dis), Lembar Penilaian Diri (LPD)
3. Instrumen:
Kisi-kisi Instrumen
No
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Kode
Instrumen
|
1.
|
Melakukan
penyelidikan hubungan antara kuat arus listrik dan beda potensial
secara jujur
dan mandiri
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja Prosedur
|
LO-1
|
2.
|
Menghitung besaran
listrik pada konsep hukum Ohm
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-1 LPG-2
|
3.
|
Melakukan penyelidikan
hubungan antara panjang penghantar, luas penampang, hambat jenis penghantar
dan hambatannya secara jujur dan mandiri
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja Prosedur
|
LO-2
|
4.
|
Menghitung hambatan
kawat penghantar
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-3 LPG-4
|
|
Melakukan percobaan
untuk menyelidiki benda-benda yang termasuk konduktor, semikonduktor dan
isolator secara jujur dan mandiri
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja Prosedur
|
LO-3
|
5.
|
Menyebutkan benda yang termasuk konduktor atau isolator
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-5 LPG-6
|
6.
|
Melakukan percobaan
untuk menyelidiki hubungan
besar arus yang masuk titik cabang dengan arus yang keluar
titik cabang secara jujur
dan mandiri
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja Prosedur
|
LO-4
|
7.
|
Menentukan besar arus listrik
pada suatu rangkaian listrik tak bercabang dan bercabang
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-7 LPG-8
|
8.
|
Melakukan
penyelidikan untuk menemukan hubungan
antara hambatan pengganti dari suatu rangkaian dengan beberapa hambatan
yang dirangkai seri maupun paralel secara jujur dan mandiri
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja Prosedur
|
LO-5
|
9.
|
Menghitung hambatan
pengganti dari beberapa hambatan yang dirangkai seri maupun paralel
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-9
LPG-10
|
10.
|
Berpikir logis dan
kritis untuk menghitung arus listrik pada rangkaian bercabang
|
Tes Tertulis
|
PG
|
LPG-11
LPG-12
|
11.
|
Percaya diri, kritis dalam berdiskusi dan menghargai keberagaman
pendapat orang lain
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
LPD
|
|
|
|
|
|
LPG (1-12)
No
|
Butir Soal
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Sebuah lampu mempunyai hambatan 100 ohm dan dialiri arus listrik sebesar
300 mA. Besar beda potensial pada lampu adalah ...
A. 0,3 V B.
3 V C.
30 V D.
30.000V
|
1
|
8,4
|
2.
|
Perhatikan
gambar di bawah !
Hubungan
antara arus (I) dengan beda potensial (V) dari hasil percobaan adalah ....
A. tegangan
berbanding terbalik dengan kuat arus
B. tegangan sebanding dengan kuat arus
C. kuat arus
lebih besar daripada tegangan
D. kuat arus lebih kecil dari
tegangan
|
1
|
8,4
|
3.
|
Besarnya hambatan
sebuah penghantar yang panjangnya 1 km
luas penampang 0,5 mm2 dan hambat jenisnya 1,5 x 10-8
ohm.m
adalah ...
A. 30 ohm C. 15 ohm
B. 20 ohm D. 10 ohm
|
1
|
8,4
|
4.
|
Di bawah ini faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya hambatan pada kawat
penghantar kecuali:
A. luas penampang kawat
B. panjang kawat penghantar
C. jenis kawat penghantar
D. Warna kawat penghantar
|
1
|
8,4
|
5.
|
Dibawah ini termasuk benda konduktor, kecuali ...
A. aluminium C.
karet
B. tembaga D. air
|
1
|
8,4
|
6.
|
Dibawah ini termasuk benda isolator kecuali ....
A. karet C.
plastik
B. tembaga D. kertas
|
1
|
8,4
|
7.
|
Perhatikan gambar berikut !
Persamaan yang sesuai dengan hukum
Kirchoff adalah ……
A. I1 = Ia + Ib + Ic +
Id C.
Ia = I1 + Ib
B. Ib = I1 + Ia D. I1 = I2
= Ia + Ib
|
1
|
8,4
|
8.
|
Perhatikan arus listrik yang masuk dan
keluar pada titik cabang di bawah ini !
I1
= 7 mA I2 = 5 mA I3 = 15 mA
Besarnya
I4 = ......... ?
A. 27 mA B. 12 mA C. 7 mA D. 3 mA
|
1
|
8,4
|
9.
|
Perhatikan gambar !
Hambatan pengganti pada rang-kaian di samping adalah …
A. 4 ohm C.
20 ohm
B. 32 ohm D. 44 ohm
|
1
|
8,4
|
10.
|
Perhatikan
gambar di bawah !
Hambatan
pengganti rangkaian hambatan tersebut adalah ...
A.15 Ohm C.10,5 Ohm
B.13,4 Ohm D.5,5 Ohm
|
1
|
8,4
|
11.
|
Perhatikan
gambar di bawah !
Arus yang mengalir pada rangkaian adalah ....
A. 1
A B. 2
A C. 3 A
D. 0,5 A
|
|
8,4
|
12.
|
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Bila hambatan dalam sumber tegangan E diabaikan,
maka voltmeter V tampak pada gambar menunjukkan tegangan terukur sebesar ....
A.
12 volt C. 36 volt
B.
24 volt D. 48 volt
|
1
|
8,4
|
|
|
12
|
100
|
LEMBAR OBSERVASI (LO-1)
Lembar
observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan.
Lakukan penyelidikan Hukum Ohm secara jujur dan mandiri dalam kelompok .
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Merangkai basicmeter, kabel, lampu, baterai
secara mandiri
dan benar
|
|
|
2
|
Membaca hasil pengukuran secara jujur dan benar
|
|
|
3
|
Mengembalikan peralatan ditempat yang disediakan
|
|
|
4
|
Mengulangi kegiatan secara jujur
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI (LO-2)
Lembar
observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan.
Lakukan penyelidikan Hambatan pada Kawat Penghantar secara jujur
dan mandiri
dalam kelompok .
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Merangkai basicmeter, kabel, penghantar kawat secara mandiri dan benar
|
|
|
2
|
Membaca hasil
pengukuran secara jujur dan benar
|
|
|
3
|
Mengembalikan peralatan
ditempat yang disediakan
|
|
|
4
|
Mengulang kegiatan
secara jujur
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI (LO-3)
Lembar
observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan.
Lakukan penyelidikan Kondukror, Isolator dan Semikonduktor secara
jujur
dan mandiri
dalam kelompok .
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Merangkai lampu, kabel, benda secara mandiri dan benar
|
|
|
2
|
Mengamati kejadian di
percobaan secara jujur dan benar
|
|
|
3
|
Mengembalikan peralatan
ditempat yang disediakan
|
|
|
4
|
Mengulang kegiatan
secara jujur
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI (LO-4)
Lembar
observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan.
Lakukan penyelidikan Hukum kirchoff secara jujur
dan mandiri
dalam kelompok
.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Merangkai basicmeter, lampu, kabel, baterai secara mandiri dan benar
|
|
|
2
|
Membaca hasil
pengukuran secara jujur dan benar
|
|
|
3
|
Mengembalikan peralatan
ditempat yang disediakan
|
|
|
4
|
Mengulang kegiatan
secara jujur
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI (LO-5)
Lembar
observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan.
Lakukan penyelidikan Rangkaian Hambatan secara jujur
dan mandiri
dalam kelompok .
No
|
Aspek yang dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Merangkai Avometer, hambatan, kabel, secara mandiri dan benar
|
|
|
2
|
Membaca hasil
pengukuran secara jujur dan benar
|
|
|
3
|
Mengembalikan peralatan
ditempat yang disediakan
|
|
|
4
|
Mengulang kegiatan
secara jujur
|
|
|
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI (LO-Dis)
Lakukan diskusi mengenai gambar medan listrik disekitar
muatan listrik.
Hari/Tnggal :
................
Topik :
................
Kelompok :
................
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor untuk tiap siswa
|
|||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
Cara mengajukan
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Cara menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Cara menyampaikan
argumentasi
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Cara menerima
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Cara merefleksi
hasil diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik : 1=kurang; 2=sedang; 3=baik; 4=sangat baik
LEMBAR PENILAIAN DIRI (LPD)
Nama :
-----------------------------------------------------
Tema
Diskusi :
-----------------------------------------------------
·
Isilah pernyataan berikut dengan jujur.
·
Untuk setiap pernyataan di bawah ini, isikan angka
1, 2, 3, atau 4 pada tempat yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 : selalu
3 : sering
2 : kadang-kadang
1 : tidak
pernah
-------- Saya mendengarkan ketika
ada siswa lain menyampaikan pendapat
-------- Saya memberikan komentar
bila pendapat siswa lain berbeda dengan pendapat saya
-------- Saya bertanya, ketika saya
tidak memahami sesuatu
-------- Saya mengusulkan ide
-------- Saya menerima pendapat,
ide, atau komentar lain yang lebih baik atau benar, meskipun pendapat tersebut
berbeda dengan pendapat saya
-------- Saya berperilaku tidak
relevan
Usulan saya agar diskusi berikutnya
lebih baik:
Mengetahui, Sendang,12 Juli 2012
Kepala SMP
Negeri 01 Sendang Guru
Mata Pelajaran IPA (Fisika)
Drs.
IMAM MACHMUD, MBA IMAM
SUBAKRI, S.Pd
NIP. 19560215 198002 1 002 NIP.
19690103 200701 1 024
Tidak ada komentar:
Posting Komentar